Sabtu, 02 April 2011

Studi Kelayakan Bisnis ES KRIBO

RENCANA BISNIS
“es kribo”
(es krim dan bolu)

A. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kota Semarang merupakan salah satu kota metropolitan yang memiliki suhu udara harian yang cukup tinggi. Dicuaca yang panas tersebut, tentunya banyak orang akan merasa lelah dan dahaga setiap harinya. Oleh sebab itu kami mencoba mengembangkan suatu lahan bisnis yang sangat berpotensi karena hal tersebut yaitu suatu makanan dan minuman yang pasti disukai oleh semua kalangan/orang dengan harga yang terjangkau tetapi masih jarang di temukan di kota Semarang. Kami menyebut produk bisnis yang kami tawarkan tersebut dengan nama “Es Kribo” yaitu sebuah singkatan dari es krim dan bolu. Sebagai suatu tempat atau wadah yang akan kami gunakan untuk menyediakan berbagai bentuk dan varian ice cream tersebut, kami menggunakan sebuah tempat yang berbasis cafe ice cream yang kami beri nama “Cream cafe“. Dengan mengkombinasikan ide-ide baru yang kreatif sehingga diharapkan orang-orang (para konsumen) tertarik untuk menikmatinya bahkan sampai ‘meleleh’ ketagihan.
Alasan pemilihan gagasan usaha atau keunggulan dari usaha tersebut adalah sebagai berikut :

1. Iklim Tropis Indonesia
Secara alami, letak negara kita di khatulistiwa ini sangat mendukung perkembangan bisnis es krim. Apalagi suhu udara harian di kota Semarang kenyataannya juga semakin bertambah.
2. Konsumennya Berasal dari Berbagai Kalangan (sasaran konsumen luas).
Semua orang mengenal es krim. Mulai anak-anak hingga orang dewasa kenal dan akrab dengan es krim. Produk ini sangat tidak asing bagi siapapun. Itu berarti peluang memasarkannya jauh lebih mudah dari pada produk yang asing atau baru ditawarkan. Kami akan mengkombinasikan rasa es krim yang lezat, kemasan/penyajian yang menarik dan menggoda yang akan membuat konsumen mengenal dan menyukai produk kami.
3. Pasar Bisnis Es Krim Mudah Dicari.
Dengan memilih (survey) tempat yang ramai dan strategis misalnya tempat yang menjadi lalu lintas mall, kampus, sekolah, futsal, pasar, kolam renang dll, maka kami yakin bisnis tersebut akan segera menuai kesuksesan.


4. Belum adanya persaingan yang berarti.
Produk kami memiliki keunggulan dibanding kompetitor lain yaitu kami menyajikan es krim dengan berbagai varian rasa tetapi kami memiliki resep khusus yang akan membuat konsumen ketagihan. Apalagi produk es krim kami rendah kandungan lemaknya (low fat ice cream)sehingga sangat menyehatkan apabila di konsumsi setiap hari.
5. Mudah Dimulai dan Dijalankan ( tidak memerlukan keterampilan tinggi) serta Pengawasan yang mudah.
Untuk memulainya kami tidak memerlukan keterampilan khusus, tetapi mudah dipelajari. Tidak perlu tenaga dengan keahlian khusus. Modal awal yaitu memiliki mesin Pembuat Es Krim (Ice Cream Maker) baik yang model Es Puter/Skop atau model Kran (Soft Ice Cream) sekaligus perawatan perawatan mesinnya. Kemudian peralatan dalam membuat kue-nya. Untuk pengawasan mudah dilakukan karena setiap mesin menghasilkan produk yang sudah pasti sehingga penyelewengan dari karyawan hampir tidak ada.
6. Proses Pembuatan (produksi) yang Cepat
Membuat es krim tidak perlu waktu terlalu lama, dan jumlah produksi dan variasi produk pun bisa Anda atur sendiri. Sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama.
7. Peluang Bisnis Es Krim tidak ada matinya
Peluang bisnis es krim tak akan pernah tua, dari zaman dulu sampai sekarang bisnis es krim tetap ada. Kami yakin peluang bisnis es krim juga akan tetap ada dan berkembang seiring kemajuan zaman dan kreatifitas manusia. Pangsa pasar-nya pun akan terus kami kembangkan setiap periode.


Misi dan Tujuan Perusahan

Misi : Mampu menguasai sektor-sektor skala kecil sampai skala yang besar dengan mengutamakan pelayanan, mutu, dan variasi produk berdasar pada etika dan persaingan yang sehat.

Tujuan 1 : Memperoleh keuntungan dari tingkat pejualan produk yang akan terus ditingkatkan dengan tetap mengutamakan mutu produk, kesehatan konsumen, kepercayaan konsumen, serta menghindarkan kebosanan dan kejenuhan terhadap selera pasar sehingga meningkatkan kredibilitas atau nilai perusahaan.

Tujuan 2 : Target pangsa pasar mengalami peningkatan minimal 15% pertahun.

Tujuan 3 : Laju pertumbuhan produksi perusahaan mengalami peningkatan minimal 5% pertahun dengan mampu bersaing secara sehat serta membuat dan menemukan peluang yang kreatif.

LEMBAGA – LEMBAGA YANG MEMBIAYAI
Modal dalam menjalankan bisnis tersebut kami peroleh dari :
1. Patungan (Sebesar Rp 10.000.000,00)
2. Pinjaman bank (Sebesar Rp 35.000.000,00)

B. ANALISIS PERUSAHAAN

Ringkasan Perusahaan

Perusahaan ini memiliki nama “Cream cafe ” dimana produk utama kami adalah es krim dan bolu, serta produk-produk lain yang saling mendukung.
Dengan perpaduan bermacam cita rasa dan bentuk tersebut kami yakin produk kami akan sangat menarik hati konsumen.
Saluran distribusi untuk memasuki peluang pasar dengan produk yang andal yaitu melalui publisitas dengan iklan-iklan kreatif, santunan dan promosi yang tepat sasaran untuk menguasai pasar.

Sasaran konsumen adalah masyarakat umum yaitu semua orang/konsumen dari berbagai kalangan baik dari dalam ataupun dari luar wilayah adalah target pasar. Kami lebih menitik beratkan sasaran konsumen pada kalangan anak muda yang suka nongkrong dan berkumpul sambil menikmati produk kami yang harganya terjangkau.


Kepemilikan Perusahaan

Perusahaan dimiliki dan dikelola oleh pribadi dan 2 orang rekan yaitu mendirikan perusahaan dengan modal patungan dan juga diperoleh dari pinjaman. Namun dalam pelaksanaannya, saya bekerjasama dengan beberapa pihak yang saling menguntungkan.

Pendirian Perusahaan

Bisnis ‘Cream cafe’ ini berdiri dan diresmikan pada tanggal 1 januari 2011 oleh pemilik gabungan yang bernama Maulana Ivanul Hasan, Doni Setyawan dan Muhammad Husein dengan tujuan mendapatkan keuntungan usaha dengan mengembangkan industri makanan dan minuman yang berperan penting bagi manusia sebagai kebutuhan pokok sekaligus sebagai penciptaan suatu lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.
Alasan Kami memilih bisnis ice cream ini karena Indonesia adalah negara dengan daerah tropis dan tentu saja ice cream sudah tidak asing lagi bagi siapapun sehingga industri ice cream sangat cocok dikembangkan di Indonesia terutama di kota Semarang yang memiliki tingkat suhu udara cukup tinggi. Untuk pangsa pasar bisnis ice cream adalah selalu berkembang dan tak pernah mati.
Namun, produk ice cream yang ditawarkan di berbagai industri ice cream atau perusahaan yang sudah ada sangat minimum dalam segi rasa dan bentuk, maka dari situlah muncul ide untuk mengeluarkan terobosan rasa-rasa baru dengan bentuk-bentuk varian yang menarik bahkan low fat ice cream dengan kualitas pelayanan yang terbaik.

IZIN USAHA

Cream cafe ini telah memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang telah diurus di Departemen Perdagangan dan Perindustrian. Produk es krim dan bolu dari perusahaan kami juga sudah dijamin halal dan memiliki sertifikat BPOM.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Kantor dan lokasi usaha adalah bergabung dalam satu bangunan. Banguna itu sendiri adalah rumah pribadi yang cukup luas dan telah didekorasi sesuai kebutuhan. Bisnis ini akan kami dirikan di wailayah Sampangan kota Semarang dimana letaknya cukup strategis dengan keberadaan dan lalu lintas konsumen seperti sekolah menengah atas, kampus maupun orang-orang yang sudah bekerja.
Cream cafe ini mampunyai sistem seperti halnya cafe pada umumnya yang bisa di gunakan sebagai tempat meeting, nongkrong, kumpul, atau berdua dengan pasangan terutama untuk kalangan anak muda dengan view pemandangan yang menarik.

Lokasi Perusahaan berada di Kawasan Simpang Lima Semarang dengan sistem sewa.
Cream cafe ini juga dilengkapi dengan fasilitas hot spot yang dapat digunakan dengan gratis bagi para konsumen dengan membeli minimal salah satu produk.

Bangunan yang bertingkat dan memiliki luas 15x30m dengan fasilitas tempat parkir yang cukup luas. Fasilitas tempat produksi adalah berada dibelakang (rumah produksi) dan tempat untuk menjualnya yaitu “Cream cafe”. Peralatan yang harus disediakan adalah mesin produksi (mesin ice) yang mampu memproduksi ice cream dengan efisien dan cepat. Serta peralatan pendukung lainnya untuk membuat cake.
Bangunan ini tidak memiliki status sewa karena bangunan ini berdiri di atas tanah yang telah dibeli dan dimiliki oleh pribadi pemilik dan memilki sertifikat tanah.

CSR (Corporate Social Responsibility)
Nilai lebih perusahaan kami adalah dimana Cream cafe peduli dengan masyarakat sekitar. Kami berencana untuk menyediakan KOTAK SOSIAL yang berjumlah 2 buah yaitu di kasir dan di dekat pintu masuk. Dari situ Cream cafe akan mengumpulkan dana untuk di sumbangkan ke beberapa panti asuhan / panti jompo setiap 2 bulan sekali. Dari kegiatan rutin tersebut diharapkan perusahaan memiliki citra yang baik bagi masyarakat serta sebagai bentuk kepedulian sosial.

ASPEK PRODUK

Deskripsi Produk

Barang atau produk yang akan dijual ada 12 jenis es krim ialah soft ice cream, hard ice cream (es puter), Ice cream cone, chococorte bolu, eskrim goreng dan ice cake dengan bermacam cita rasa, bentuk yang sangat menarik hati dan dengan variasi jenis maupun mutu dengan harga terjangkau. Semua produk Ice Cream yang saya tawarkan adalah memiliki kualitas low fat ice cream yaitu mengandung manfaat yang dapat menyehatkan tetapi rendah lemak. Disamping itu kami juga menawarkan berbagai minuman buah dan juga beberapa menu makanan yang menyehatkan dan tentu saja dapat saling melengkapi dengan produk utama yaitu Ice Cream.

Karakteristik Produk

Produk-produk yang saya tawarkan yaitu soft ice cream, hard ice cream, dan ice cake ini memiliki karakteristik rasa dan penyajian yang berbeda dari para pesaing yang sudah ada terutama menu ice cake yang kami tawarkan memiliki keunikan rasa dan bentuk yang sangat menarik sehingga calon konsumen dapat tertarik untuk menikmatinya. Saya selalu berinovasi menciptakan diferensiasi produk untuk menghindari kejenuhan akan beberapa produk sekaligus dalam usaha memenangkan persaingan.

Untuk kualitas, mutu dan harga produk sudah kami perhitungkan dengan matang dimana sebagian besar konsumen menyukai cita rasa dan mutu yang tinggi tetapi dapat menikmatinya dengan harga yang terjangkau.
Kami memberikan mutu pelayanan yang terbaik dan bersahabat dengan mempekerjakan karyawan yang sudah berpengalaman di bidangnya.
Jam operasinya berlangsung mulai pukul 10.00 siang sampai 10.00 malam atau menyesuaikan dengan event yang akan kami selenggarakan. Untuk pelayanan konsumen kita menyediakan sudut-sudut tempat yang nyaman dan didukung dengan view pemandangan kota yang memiliki daya tarik tersendiri.

Produk-produk yang kami tawarkan ada 12 jenis es krim yaitu :
1. soft ice bolu
2. hard ice cream (es puter)
3. ice cream cone (besar)
4. ice cream cone (kecil)
5. ice cream chococorte bolu
6. es krim goreng
7. es krim buah
8. ice cream sandwich
9. ice cake
10. es krim jahe
11. es krim sehat (bahan dasar susu kedelai)
12. es krim yoghurt

Kemudian Kami menyediakan berbagai macam pilihan rasa diantaranya :
- Chocolate
- Coconut
- Capucino
- Durian
- Mocha
- Noughat
- Raspberry
- Vanila
- Strawberry
- Jahe

ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

Analilis Pasar

Mengembangkan usaha untuk memasuki peluang pasar dengan produk yang andal dengan berbagai iklan, santunan dan promosi yang kreatif untuk menguasai pasar.
Memenangkan persaingan secara sehat dengan membuat dan menemukan peluang yang kreatif dan luar biasa. Pencapaian target konsumen dilakukan seluas-luasnya dengan segmentasi yang terencana dengan baik.

Segmentasi pasar :
Calon konsumen yang ingin diraih adalah seluruh kalangan konsumen baik dari konsumen kelas atas ataupun dari kelas menengah ke bawah yang terdiri dari semua umur, jenis kelamin dan kalangan baik itu dewasa anak-anak dan terutama kaum remaja.
Potensi jumlah konsumen dari kelas atas maupun kelas menengah ke bawah adalah optimis tinggi karena bisnis ini tergolong sederhana, higienis, banyak diminati dan tentunya karena harganya yang terjangkau.
Kesimpulannya segmentasi pasar yang kami miliki sangat luas serta tidak memiliki batasan sehingga sangat petensial untuk dikembangkan.

Target pasar / peramalan pasar:
Pasar untuk bisnis ice cream adalah sangat luas. Konsumennya bisa berasal dari semua kalangan terlebih dengan harga yang terjangkau maka pasar dapat terdiri dari kalangan pelajar sekolah, mahasiswa, para pekerja dan orang yang berpenghasilan rendah sampai menengah.
Tetapi kami akan lebih memfokuskan kepada konsumen dari kalangan anak muda Semarang yang dinamis serta memiliki minat yang tinggi untuk nongkrong, nonton film, mendengarkan musik atau hanya sekedar melepas penat. bagi kesibukan sehari-hari.
Oleh sebab itu proyeksi pertumbuhan pasar diharapkan mampu berkembang dengan pesat karena dari segi lokasi usaha sendiri memang belum terdapat persaingan yang ketat sehingga kami mempunyai peluang pasar yang akan terus berkembang.

Strategi Bisnis dan Implementasi

Strategi pemasaran (marketing mix)

 Product : Produk ice cream yang kami tawarkan menggunakan teknologi mesin ice yang aman dan berstandar tetapi dalam pembuatannya kami menggunakan resep-resep khusus yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan pesaing. Produk dikemas dan disajikan dengan cantik dan menarik. Pelayanan penjualan produk yang ramah sehingga konsumen mendapatkan kepuasan.produk kami memiliki barand dan kualitas yang terjamin.

Manfaat dan keunggulan produk : Keunggulan produk kami adalah es krim yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Bukan hanya itu, menu makanan yang kami sediakan sangat menyehatkan karena mengandung protein yang tinggi (dari susu) dan kadar gulanya juga rendah sehingga baik untuk tubuh. Selain protein, juga terkandung calcium dimana calcium dapat melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit chronis seperti kanker, sakit kepala sebelah, obesitas anak-anak dan membantu kita untuk menghilangkan lemak yang tidak kita inginkan

 Promotion : promosi dilakukan di berbagai tempat keramaian secara intensif dengan sales promosi sehingga diharapkan banyak orang yang mengetahui keberadaan usaha dan tertarik untuk membeli produk.
Kegiatan promosi tersebut dapat berbentuk pemberian brosur, sample, pemberian voucher, iklan media massa, pamflet/spanduk dengan mengedepankan efisiensi dana, sifat pasar dan misi dari kegiatan iklan dan publikasi.
Untuk pelayanan kami memberikan service yang sempurna kepada setiap konsumen yang datang di Cream cafe dengan sales promotion girl (SPG) yang sudah terlatih/berpengalaman.

 Price : untuk harga dapat ditekan dalam beberapa produk tertentu dengan kombinasi pedoman penetapan harga berdasarkan biaya produksi (cost plus pricing), penetapan harga berdasarkan nilai atau manfaat produk dan penetapan harga berdasarkan persaingan. Untuk cost plus pricing yaitu dengan biaya operasional/produksiyang seminimal mungkin, tetapi juga akan dinaikkan seiring dengan mutu produk. Kami memberikan patokan harga yang murah tetapi mampu bersaing dengan kompetitor. Harga berkisar antara Rp 5.000,- sampai dengan Rp 20.000,- saja.

Berikut adalah daftar harga produk kami :

1. soft ice bolu = Rp 8.000
2. hard ice cream (es puter) = Rp 5.000
3. ice cream cone (besar) = Rp 5.000
4. ice cream cone (kecil) = Rp 3.000
5. ice cream chococorte bolu = Rp 10.000
6. es krim goreng = Rp 4.000
7. es krim buah = Rp 5.500
8. ice cream sandwich = Rp 6.000
9. ice cake = Rp 15.000
10. es krim jahe = Rp 4.000
11. es krim sehat (bahan dasar susu kedelai) = Rp 6.000
12. es krim yoghurt = Rp 8.000

 Place : penempatan lokasi sudah direncanakan dengan baik yaitu berada di lokasi strategis dekat dengan lingkungan kerja (kantor), lingkungan kampus juga lingkungan sekolah dan lingkungan umum dengan sasaran utamanya adalah anak muda sehingga lokasinya strategis dan memenuhi semua chanel. Lokasi Cream cafe juga bebas dari kemacetan dan mudah di jangaku dari arah pusat kota.

 Power : usaha ice cream ini selain dijual di rumah usaha (Cream cafe) juga akan diperluas usahanya sesuai dengan perencanaan yaitu dijual dalam pesanan tertentu untuk beerbagai keperluan.

 Public Relation : kegiatan usaha ini disediakan orang-orang yang sudah profesional dalam bidang public relation untuk mengelola pengenalan kegiatan usaha. Mutu pelayanan menjadi perhatian utama agar perusahaan memiliki citra yang baik dimata konsumen dan masyarakat.

6P strategi pemasaran tersebut adalah untuk meyukseskan perusahaan yang dikenal dengan 4O yaitu
• Object (barang yang dihasilkan untuk dijual)
• Objective (tujuan memperoleh keuntungan jangka panjang)
• Organization (bentuk organisasi yang efektif dan efisien)
• Operative (pengoperasian organisaisi sesuai dengan strategi)


Strategi periklanan dan publikasi

a. Menentukan Sasaran:
- konsumen yang dituju adalah semua kalangan dari usia sekolah, mahasiswa bahkan sampai para pekerja terutama masyarakat menengah keatas.
- cara mencapai sasaran yaitu dengan melalui berbagai media seperti iklan radio, koran, majalah, berbagai brosur, iklan cetak dan lain-lain. Namun sarana yang paling penting disini adalah word mouth (dari mulut kemulut) dengan memberkan mutu pelayanan yang semaksimal mungkin diharapkan konsumen akan ikut menjadi subjek pemasaran.

b. Besarnya Anggaran (budget) Iklan:
budget iklan didasarkan pada persentase perkiraan volume penjualan perperiode yaitu sebesar 25%-40% dari perkiraan total nilai penjualan dari tahun pertama.

c. memilih media massa yang tepat dan bekerjasama dengan rekan usaha yang saling menguntungkan ( misal dalam bentuk brosur, pamflet, iklan di radio/surat kabar)
untuk beriklan di media koran/majalah dilakukan setiap seminggu sekali.

d. desain iklan
desain iklan kami buat semenarik mungkin, kreatif dan komunikatif sehingga pasar yang dituju dapat mengerti dan tertarik dengan produk es krim dan bolu kami.

e. Mengevaluasi hasil iklan:
membandingkan biaya iklan dengan penghasilan perusahaan. Dilakukan juga pengujian atas keberhasilan promosi dengan hasil penjualan yang akan dievaluasi setiap bulannya.

STRATEGI PROMOSI DAN PUBLIKASI DALAM BIDANG EVENT ORGANIZER

Selanjutnya kami dari pihak manajemen sendiri memiliki cara untuk publikasi yang cukup efektif yaitu dalam bidang event organizer dengan menyelenggarakan event musik indie (dengan tema yang akan disesuaikan dengan minat konsumen) yang sangat digemari oleh anak muda di Kota Semarang yang akan diadakan 2 kali dalam satu bulan. Langkah ini merupakan penggabungan hobi kami dalam bidang musik dan Cefe Kribo digunakan sebagai tempat dan penyelenggara event tersebut yaitu dengan perencanaan sebagai berikut:

1. Menyediakan peralatan band + sound sistem (kepunyaan sendiri).
2. Menyiapkan band-band yang akan tampil yaitu 2-3 band bintang tamu dan 10 band kolektif ( setiap band kolektif yang ingin tampil dalam acara tersebut harus melakukan registrasi dengan menyetorkan uang registrasi sebesar Rp 50.000,- per band, jadi total pemasukan dari band kolektif adalah Rp 500.000,-.
3. Menyiapkan jadwal dan susunan acara. Bagi band kolektif diberi durasi waktu 15 menit tiap band dan 25 menit untuk band bintang tamu.
4. Melakukan publikasi melalui media jejaring sosial seperti FACEBOOK dan TWITTER, media SMS dan media pamflet yang akan disebarkan di berbagai tempat keramaian anak muda kota Semarang.

Skema dari acara ini adalah CREAM CAFE sebagai pihak sponsor dan penyelenggara dimana harga tiket masuk sebesar Rp. 13.000,- atau dapat juga masuk secara gratis dengan menggunakan kupon / voucher pembelian yang akan didapatkan setiap membeli produk es krim dan bolu kami setiap pembelian diatas harga Rp 10.000,-. Kapasitas untuk ruang dalam acara ini adalah mencapai lebih dari 200 orang karena pada hari penyelenggaraan event tersebut cafe hanya buka pada siang hari dan mulai sore hari jam 15.00 isi cafe (meja dan kursi) akan dikosongkan, selanjutnya acara akan dimulai jam 16.30 untuk penyelenggaraan event tersebut.



Dari sini kami memproyeksikan keuntungan dari event tersebut adalah :

a. pemasukan dari band kolektif = Rp 500.000,00
b. penjualan tiket 150 pengunjung x 13.000 = Rp 1.950.000,00
(50 pengunjung dari voucher/kupon pembelian)
c. tambahan dari sponsor = Rp 500.000,00 +

TOTAL PEMASUKAN Rp 2.950.000,00

biaya operasional, publikasi dan iklan = ( Rp 500.000,00 )
honor 2 band bintang tamu = ( Rp 600.000,00 )
biaya pemeliharaan alat = ( Rp 100.000,00 ) +

TOTAL PENGELUARAN Rp 1.200.000,00

Jadi Pemasukan bersih = Rp 2.950.000,00- Rp 1.200.000,00 = Rp 1.750.000,00

jadi, untuk tiap 1 kali penyelenggaraan event diperkirakan akan meperoleh keuntungan sebesar Rp 1.750.000,00. Kemudian dalam 1 bulan akan diselenggarakan 2 kali event jadi total pemasukan dari 2 event tersebut adalah Rp 3.500.000,00 perbulan.
Menurut kami, event ini adalah terobosan yang efektif sebagai sarana pengenalan dan publikasi untuk CREAM CAFE yang efektif kepada kalangan anak muda pecinta musik indie Semarang sekaligus mendapatkan keuntungan tambahan.


ASPEK OPERASIONAL

Rencana Penjualan

Produk ice cream yang kami tawarkan dijual secara eceran maksudnya adalah produk tersebut tidak dibatasi jumlah minimum produk yang harus dibeli. Produk ini juga kami iklankan melalui media internet, tetapi untuk konsumen yang ingin melakukan pemesanan bisa juga melalui telepon. Dalam usaha ini kami juga melatih beberapa tenaga karyawan untuk proses produksi, dan dalam hal pelayanan konsumen.
Untuk rencana penjualan kami akan mengkalkulasi rata-rata permintaan dari konsumen pada tiap bulannya selanjutnya data tersebut akan menjadi dasar acuan dalam penawaran produk bulan berikutnya mencakup penganggaran dan pembelian bahan baku.

Proses Produksi
Untuk proses produksi kami menggunakan mesin pembuat ice cream yang dapat bekerja maksimal. Mesin ini dapat membuat ice ceram dengan cepat sehingga efisien dalam waktu produksi.

Deskripsi Mesin es krim adalah mesin untuk mengolah susu menjadi Es Krim (Soft Ice Cream) dengan berbagai macam rasa. Kami memiliki 2 tipe mesin es krim sesuai kebutuhan produksi.

Fungsi Dengan mesin es krim ini, Kami bisa memproduksi es krim jenis lunak (soft ice cream) atau es cone dengan jumlah yang banyak dan memproduksi jenis hard ice cream.

Tipe T1800D30B

Spesifikasi Teknis Mesin Es Krim (Soft Ice Cream Maker)
Tipe T1800D30B
Output Triple Kran
Dimensi (p x l x t) (mm) 680 x 600 x 710
Daya Listrik Kerja (watt) 1800
Daya Listrik Stand by (watt) 0 - 400
Sistem Mekanik gearbox + belt
Kapasitas (liter) 15
Refrigerant R 134 a
Kelebihan menggunakan Mesin Es Krim
Beberapa kelebihan Mesin Pembuat Es Krim Kami antara lain:
• Mesin dapat digunakan sesuai kapasitas produksi yang diinginkan.
Mesin Es Krim kami memiliki jumlah 3 kran, sehingga efisien dalam proses produksi, waktu, kapasitas produksi dan kebutuhan daya listrik.
• Lebih Efisien Tenaga dan Biaya.
Tenaga kerja yang dibutuhkan cukup 1 (satu) orang saja dengan tingkat keterampilan yang tidak terlalu tinggi. Kami memiliki 2 mesin jadi untuk proses produksi jumlah total 2 pekerja.
• Ada Support Bahan Baku (bubuk es krim instant)
kami dapat melakukan proses produksi menggunakan bahan baku bubuk es krim instant yang berkualitas sebagai penambah varian rasa dan produk. Dan juga menggunakan bahan susu kedelai yang kaya protein dan rendah lemak.

Kerjasama perusahaan
Perusahaan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lainnya terutama dengan perusahaan pemasok dan perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan produksi, advertising dan publict relation. Diharapkan dengan kerjasama tersebut dapat tercipta hubungan yang baik dengan para partner sehingga kerjasama tersebut dapat membuahkan keuntungan yang maksimal.

Organisasi

Organisasi perusahaan ini dibawah kendali pemilik perusahaan dan pemegang saham pribadi dan beberapa pelaksana yang bertugas menangani kinerja karyawan secara langsung.
Sehingga pembagian tugas dicerminkan dengan struktur organisasi sederhana yang dilandasi dengan disiplin, kerjasama, kejujuran, dan semangat adalah sebagai berikut

Dengan kelebihan sebagai berikut:
1. kesatuan komando terjamin.
2. pengmbilan keputusan tepat sasaran.
3. mudah dikenali sifat-sifat setiap karyawan/pekerja.
4. terdapat rasa kekeluargaan yang kuat.

Posisi teratas merupakan pemilik perusahaan, dibawahnya adalah 4 kepala bagian yang masing-masing sekaligus sebagai pelaksana yang menjalankan wewenang dalam hal produksi, SDM, keuangan, dan pemasaran. Selanjutnya tugas mereka sebagai pelaksana adalah terjun langsung kedalam kegiatan usaha sekaligus untuk mengawasi kinerja karyawan, dan yang terakhir adalah 6 karyawan sesuai bidangnya masign-masing.

Manajemen

1. Top manajemen :
Nama : Maulana Ivanul Hasan
Posisi : DIRUT / Pemilik perusahaan

2. Middle manajemen :
a. Nama : Muhammad Husein
Posisi : manajemen produksi
Latar belakang : lulusan S1 manajemen dan berpengalaman 1 tahun.
b. Nama : Doni Setyawan
Posisi : manajemen Pemasaran
Latar belakang : lulusan S1 manajemen dan berpengalaman 1 tahun.

3. Lower manajemen :
Terdiri dari 6 Karyawan dan receptionist, yaitu 3 di bidang produksi, 2 dibidang pelayanan (pelayan cafe), 1 di kasir.

Kesenjangan/ Risiko yang mungkin dihadapi dalam Tim Manajemen:
Manajemen yang sederhana ini memiliki beberapa keburukan diantaranya
1. maju mundurnya perusahaan ditangan satu orang
2. dapat terjadi tindakan otoriter
3. kesempatan berkarir terbatas

Oleh sebab itu untuk mengatasi beberapa kesenjangn tersebut maka pihak manajemen akan menunjuk tenaga-tenaga yang ahli dalam bidang menyediakan saran, konsultasi hukum, dan pajak.
Untuk meningkatkan kinerja maka diberikan 3 aspek penting yaitu kompensasi kerja, hubungan atasan bawahan yang harmonis, dan kondisi kerja yang nyaman.


ANALISI KEUANGAN

a. perencanaan keuangan
Perusahaan didirikan oleh modal pribadi modal patungan dan modal pinjaman. Dalam pengoperasian usaha ini dibutuhkan peralatan berupa mesin produksi yang akan disusutkan sebesar 5-10% pertahun dan kendaraan untuk alat transportasi. Modal dipergunakan seefisien mungkin sehingga untuk penggajian karyawan tetap sesuai dan memuaskan sehingga diharapkan akan terjadi timbal balik dari karyawan.
b. akuntansi keuangan
Setiap transaksi baik itu kegiatan produksi, distribusi (pemasaran), iklan, prive dan transaksi perusahaan lainnya akan dicatat dan dianalisis oleh pihak akuntan untuk dapat mengambil kebijakan dan meramalkan usaha.
c. analisis keuangan
Menganalisis kinerja perusahaan terhadap penyimpangan-penyimpangn yang mungkin terjadi, analisis volume biaya keuntungan, analisis bauran penjualan, resiko dan untung-rugi perusahaan.
d. akuntansi manajemen
Menyediakan dasar pengalokasian biaya bagi setiap produk atau proses serta mempersiapkan dan mengontrol anggaran biaya.
e. penganggaran
Menyeleksi dan merencanakan investasi modal yang didasarkan pada besar pengembalian/keuntungan yang akan didapat dari investasi tersebut.

Kapitalisasi dan Biaya Start-Up

ITEM BIAYA
Mesin produksi Rp 20.000.000,00
Peralatan pendukung (mixer, oven, loyang dan alat pembuat kue lainnya) Rp 3.500.000,00
Perlengkapan meja dan kursi, kipas angin Rp 4.000.000,00
Pemasangan hot spot Rp 2.000.000,00
Properti dan Dekorasi Rp 8.000.000,00
Peralatan lain-lain (piring saji dll) Rp 2.500.000,00
Freezer Rp 3.000.000,00
TOTAL Rp 43.000.000,00
Catatan:
- membeli 2 mesin produksi
- peralatan lain-lain adalah peralatan yang digunakan sebagai pelengkap produksi dan proses untuk penyajian.
- peralatan pendukung adalah peralatan yang berfungsi sebagai fasilitas atau sarana yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen.

1. Kas Rp 50.000.000,00
Modal Rp 50.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2. Perlengkapan Rp 3.000.000,00
Kas Rp 3.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan)
3. Peralatan pendukung Rp 3.500.000,00
Kas Rp 3.500.000,00
(Pembelian Peralatan)
4. Biaya tambahan (hot spot) Rp 2.000.000,00
Kas Rp 2.000.000,00
5. Peralatan tambahan Rp 2.500.000,00
Kas Rp 2.500.000,00
6. Properti dan Dekorasi Rp 8.000.000,00
Kas Rp 8.000.000,00


Estimasi Biaya Operasional dan Produksi per bulan

ITEM BIAYA RATA RATA (perbulan)
Belanja bahan baku Rp 4.000.000,00
Iklan Rp 500.000,00
Biaya transportasi Rp 200.000,00
Biaya listrik dan telepon Rp 350.000,00
Penyusutan mesin Rp 200.000,00
Penyusutan Kendaraan Rp 100.000,00
Biaya Asuransi Rp 50.000,00
Penggajian Rp 8.300.000,00
Pembayaran hutang Rp 700.000,00
Biaya Sewa Rp 1.200.000,00

TOTAL Rp 15.600.000,00



BIAYA TETAP (FC)

 Biaya Gaji Rp 8.300.000,00
gaji 5 karyawan @ Rp 700.000 = Rp 3.500.000
gaji 4 manajer @ Rp 1.200. 000 =Rp 4.800.000
 Biaya Asuransi Rp 50.000,00
 Penyusutan Rp 300.000,00
penyusutan mesin Rp 200.000,00
penyusutan kendaraan Rp 100.000,00
 Pembayaran Hutang Rp 700.000,00
 Biaya sewa Rp 1.200.000,00 +
Rp 10.550.000,00

BIAYA VARIABEL (VC)

 Belanja bahan baku Rp 4.000.000,00
 Iklan Rp 500.000,00
 Biaya transportasi Rp 200.000,00
 Biaya listrik dan telepon Rp 350.000,00
+
Rp 4.050.000,00


TOTAL BIAYA TETAP + BIAYA VARIABEL
Rp 10.550.000,00 + Rp 4.050.000,00 = Rp 14.600.000,00





PERKIRAAN KEUNTUNGAN PENJUALAN perbulan

PRODUK HARGA PER ITEM
(rupiah) JML ITEM TERJUAL
(Rata2 perhari) JML ITEM TERJUAL (perbulan) TOTAL
(rupiah)
1. Ice ConeBesar 5000 8 240 1.200.000
2. Ice Cone Kecil 3000 8 240 720.000
3. Soft Ice Bolu 8000 5 150 960.000
4. Chococorte Bolu 10000 6 180 1.800.000
5. Es Puter 5000 6 180 9.00.000
6. Ice Cake 15000 4 120 1.800.000
7. Es Goreng 4500 6 180 810.000
8. Es Krim Sandwich 7000 5 150 1.050.000
9.Es Krim Sandwich jumbo 10000 4 120 1.200.000
10. Es Krim Buah 6000 6 180 1.080.000
10. Es 11. Es krim jahe 4500 5 150 675.000
12. Es krim sehat 6000 6 180 1.080.000
1 13. Es krim yoghurt 8000 7 210 1.680.000
14. Es Krim Teh Hijau 7000 8 240 1.680.000
15. Es Krim Blackforest 10000 6 180 1.800.000
16. Es Krim Ubi Jalar 4000 4 120 480.000
17. Es Krim Kacang Hijau
18. Es Krim pisang karamel
Total Pemasukan Dari produk Es Krim, Bolu dan Cake 18.015.000

Event organizer 1750000 - 2 3.500.000

Total Pemasukan Dari Event 3.500.000
TOTAL PEMASUKAN (TR) 21.035.000

OMSET PEMASUKAN - PENGELUARAN
= Rp 21.035.000,00 - Rp 15.600.000,00 = Rp 5.435.000,00

Perkiraan kembali modal =
Rp 50.000.000,00/ Rp 5.435.000 = 9,1
jadi perkiraan akan kembali modal dalam jangka waktu 9 bulan.




KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


A. Kesimpulan

Karakteristik produk yang kami miliki yaitu es krim rendah lemak, rendah gula dan rendah kolesterol dapat memberikan peluang yang positif bagi pasar. Produk kami dikenal oleh semua orang dan dapat dinikmati oleh siapa saja semua kalangan. Dengan pemanfaatan tempat dan pelayanan yaitu melalui Cream Cafe, memberikan nilai positif dalam hal fasilitas serta kenyamanan.
Dari hasil analisis perusahaan, analisis strategi pemasaran, analisis operasional dan analisis keuangan diaatas dapat menunjukkan hubungan yang positif. Dimana total omset perbulan adalah Rp 21.035.000,00 kemudian dikurangi dengan biaya total perbulan sebesar Rp 15.600.000,00 maka dapat dikalkulasikan keuntungan bersih perusahaan sebesar Rp 5.435.000.,00
Perusahaan dapat terus meningkatkan laba dengan strategi pemasaran yang jitu dan meningkatkan promosi atau iklan.
Dari laba tersebut perusahaan (Cream Cafe) dapat memproyeksikan untuk mencapai Pay Back Periode selama 9 bulan, sehingga usaha tersebut layak untuk dijalankan dan diperluas bidang usahanya.

Rekomendasi

Dalam menjalankan bisnis ini yang perlu diberi perhatian khusus adalah bagaimanapihak manajemen dapat memanfaatkan modal yang besar untuk melebarkan sayap bisnis melalui diferensiasi produk, promosi penjualan yang efektif dan bagaimana mempublikasikan produk ice cream atau mempublikasikan keberadaan tempat usaha (Cafe) kepada masyarakat. Sehingga perlu untuk menjalin kerjasama yang baik dengan suplier, pihak-pihak advertising serta konsultan dan yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari tingkah laku / selera konsumen serta perilaku kompetitor.

Informasi Restaurant
Nama Clara’s Cake and Cookies
Alamat Jl. HOS Cokroaminoto 52 a. Jakarta Pusat
Telephone +62 21 31908019, 31908123
Jam Buka
-
Jenis Masakan Cake dan Ice Cream
Harga Rp.
-
Tipe Cafe
Suasana Santai
Merokok Dilarang
Busana Casual
Lain – lain Tersedia Taart dan Ice Cream Low Sugar untuk diet dan penderita diabetes.

Mitos : Es krim biang keladi kegemukan
Fakta : Kegemukan disebabkan oleh energi dan lemak yang berlebihan serta kurang aktivitas fisik, karena kebiasaan makan yang kurang baik dan faktor keturunan. Sementara kontribusi energi dan lemak dalam es krim per takaran saji sangat
kecil yaitu sekitar 10% dari total kebutuhan energi/hari dan 15% dari total kebutuhan lemak/hari.

Mitos : Es krim menyebabkan batuk pilek
Fakta : Es krim cepat meleleh saat masuk ke dalam rongga mulut karena pengaruh suhu tubuh, jadi saat es krim es krim masuk ke kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin air es. Penyebab batuk pilek adalah terutama virus dan alergen pada anak-anak yang mempunyai sifat alergi bawaan

Mitos : Es krim menyebabkan gigi berlubang
Fakta : Gigi berlubang disebabkan fermentasi sisa karbohidrat dan gula yang tertinggal pada gigi. Dianjurkan untuk minum air putih, berkumur atau menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan manis seperti es krim.
Mitos : Memakan es krim terlalu cepat membuat sakit kepala
Fakta : Ada teori yang mengatakan bahwa sakit kepala karena es krim (atau yang lebih umum disebut brain freeze) disebabkan karena pendinginan yang cepat pada sinus frontalis, yang memicu saraf nyeri lokal. Teori yang lain mengatakan penyebabnya adalah penyempitan pembuluh darah di langit-langit dan belakang mulut menyebabkan aktifnya saraf nyeri dan rasa nyeri menyebar ke kepala. Di bagian belakang mulut terdapat pusat saraf yang disebut ganglion sphenopalatina, dan sangat mungkin inilah penyebab dari brain freeze.

Kandungan gizi es krim per 100 g
• energi (207 Kal)
• protein (4 g)
• lemak (12,5 g)
• kalsium (123 mg)
• fosfor (99 mg)
• natrium/sodium

Selain zat gizi di atas, agar lebih yummy, es krim ditambahkan pengemulsi dan perasa (flavour).

Di balik kelembutan dan rasa manisnya, es krim terbukti memiliki beberapa fakta gizi yang tak terduga. Keunggulan es krim didukung oleh bahan baku utamanya, yaitu susu tanpa lemak dan lemak susu. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizi yang lengkap.
Para peneliti menemukan lebih dari 100.000 jenis molekul yang terkandung di dalam susu. Selain air dan lemak, molekul-molekul tersebut mencakup protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas, serta vitamin A. C dan D. Terdapat beberapa peneliti yang menyatakan bahwa susu termasuk dalam golongan pangan fungsional.

Pangan fungsional merupakan pangan yang memiliki efek kesehatan lain di samping efek zat gizinya. Susu mengandung beberapa komponen bioaktif yang memiliki efek kesehatan yang signifikan. Komponen bioaktif susu di antaranya adalah protein susu, laktosa, asam-asam lemak dan mineral, terutama kalsium. Hal ini menyebabkan produk-produk turunan susu juga masih memiliki efek fungsional, termasuk es krim.

Sebagian besar komponen dalam susu telah diketahui fungsinya secara biologis bagi tubuh. Komponen yang telah diketahui fungsinya adalah protein terutama dari bagian whey, termasuk di dalamnya alfalaktalbumin, betalaktoglobulin, imunogobulin, laktoferin, dan glikomakropeptida.

Alfalaktalbumin berperan serta dalam metabolisme karbohidrat. Alfalaktalbumin memiliki kemampuan berinteraksi dengan enzim galaktotransferase. Fungsi enzim tersebut mentransportasikan galaktosa ke pool glukosa. Beberapa penelitian membuktikan alfalaktalbumin sebagai zat antitumor.

Betalaktoglobulin diduga dapat mengikat retinol (vitamin A) dalam saluran pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapannya. Betalaktoglobulin juga mentransportasikan retinol.
Imunoglobulin merupakan kelompok protein kompleks yang memiliki kontribusi signifikan dalam komposisi protein. Fungsinya meningkatkan imunitas tubuh.

Laktoferin adalah glikoprotein pengikat zat besi, memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh nonspesifik terhadap patogen. Laktoferin juga memiliki aktivitas ?iviral, terutama terhadap cytomegalovirus, influenza, dan HIV.

Glikomakropeptida (GMP) dapat menstimulasi sekresi gastrik dan meningkatkan regulasi pencernaan. Salah satu sekuen derivat GMP berpotensi sebagai pembentuk platelet dalam regulasi darah. Platelet yang terbentuk dapat mengurangi lamanya waktu pendarahan saat terjadi luka. GMP juga tersusun atas oligosakarida yang memiliki fungsi prebiotik (menstimulasi pertumbuhan bakteri baik).

Salah satu komponen dari golongan karbohidrat yang telah diteliti fungsinya adalah laktosa. Laktosa akan menambah cita rasa dan mempertahankan palatabilitas (rasa enak) es krim.

Fungsi-fungsi biologis asam lemak seperti asam butirat dan asam linoleat terkonjugasi juga telah diketahui. Salah satu fungsi asam butirat yang sangat mengejutkan adalah memiliki aktivitas antipatogenik, antibakteri, dan antiviral. Fungsi mineral kalsium adalah dalam hubungannya dengan kepadatan massa tulang, pencegahan osteoporosis, kanker, serta hipertensi.

Bahan lain yang turut menyusun es krim adalah gula, pengemulsi, dan penstabil. Jenis gula yang sering dipakai adalah sukrosa, berfungsi memperbaiki tekstur, meningkatkan kekentalan, dan memberi rasa manis. Bahan penstabil berfungsi menjaga air di dalam es krim agar tidak membeku benar dan mengurangi kristalisasi es. Bahan pengemulsi dipakai untuk memperbaiki tekstur es krim yang merupakan campuran air dan lemak. Bahan penstabil yang umum digunakan dalam pembuatan es krim dan frozen dessert lainnya adalah CMC (carboxymethyl cellulose), gelatin, Naalginat, karagenan, gum arab, dan pektin.

Rasa pada es krim merupakan kombinasi antara cita rasa dan bau, diciptakan untuk memenuhi selera konsumen. Tak heran jika es krim disukai oleh segala kalangan. Es krim sebetulnya memiliki nilai gizi tinggi dibandingkan dengan jenis minuman lain karena terbuat dari bahan dasar susu.